Cairan Pembersih Mesin Mobil Terbaik Terbukti Ampuh Membersihkan

Mobil yang bagus perlu dibersihkan agar tidak cepat rusak. Mobil yang digunakan berkendara setiap hari juga perlu dirawat dan dibersihkan. Terutama pembersihan pada mesinnya. Anda bisa membersihkan mesin menggunakan cairan pembersih. Kini sudah tersedia banyak sekali pembersih mesin mobil yang bisa anda gunakan.

Membersihkan mesin mobil sekaligus tampilan mobil tidak hanya bertujuan untuk mempercantik mobil. Namun juga bisa digunakan untuk meningkatkan performa dan kondisi mobil. Mesin yang bersih akan berpengaruh pada kondisi mobil.
tokopedia.com

Beberapa Bahan Pembersih Mesin Mobil

Dalam membersihkan mobil, terutama mesinnya, pasti diperlukan sebuah cairan atau bahan. Cairan tersebut tentunya bersifat khusus dan hanya digunakan untuk membersihkan mesin mobil. Ada beberapa cairan pembersih mesin mobil yang perlu anda ketahui. Hal ini untuk mengurangi resiko pada mesin mobil akibat salah pakai cairan. Cairan pembersih yang digunakan untuk membersihkan mesin mobil memiliki beberapa jenis. Setiap jenis cairan memiliki fungsi masing-masing.

Jenis-Jenis Cairan Pembersih Mesin Mobil

Terkadang mobil tidak bisa dihidupkan. Bahkan lebih parahnya terdapat kerusakan pada mesin mobil. Bisa jadi di dalam mesin mobil terdapat kerak dan kotoran. Hal ini diakibatkan karena mesin mobil jarang dirawat.

Apabila anda memiliki sebuah mobil, maka anda perlu merawatnya secara rutin. Berikut ini beberapa jenis cairan pembersih mesin mobil.

1. Jenis Engine Conditioner

Jenis cairan pembersih yang pertama adalah Engine Conditioner. Cairan ini berfungsi untuk membersihkan ruang bakar dari mesin mobil. Cairan ini nantinya akan dimasukkan menggunakan alat penyemprot. Kemudian disemprotkan pada mesin melalui lubang busi yang sudah tersedia.

Namun ada tips yang perlu anda lakukan ketika membersihkan ruang bakar. Sebaiknya anda membersihkan mesin, khususnya ruang bakar ketika mesin dalam suhu yang hangat.

Mengapa harus dibersihkan pada suhu yang hangat? Karena suhu yang hangat dapat membantu proses pembersihan. Cairan yang disemprotkan akan cepat menguap dan membuat proses pembersihan lebih cepat. Tidak hanya itu saja, kerak atau noda yang menempel pada karbon akan larut lebih mudah oleh cairan tersebut.

Kotoran atau noda yang menempel pada piston dan valve akan terkelupas atau terkikis dan larut. Lalu akan dibuang melalui saluran knalpot.

2. Jenis Engine Degreaser

Jenis pembersih mesin mobil yang selanjutnya adalah Engine Degreaser. Jenis cairan ini berbeda dengan cairan sebelumnya. Perbedaannya dapat dilihat dari tekstur yang diberikan.

Tekstur cairan ini lebih keras dibandingkan dengan cairan sebelumnya. Mengapa berbeda? Hal ini dikarenakan fungsi cairan tersebut juga berbeda. Cairan ini digunakan untuk membersihkan daki keras yang terdapat di luar mesin.

Anda bisa menggunakan cairan ini jika kondisi luar mesin sudah berkerak dan banyak daki. Cairan yang digunakan untuk membersihkan mesin bagian luar tentunya memiliki formula khusus. Formula tersebut digunakan untuk mengikat dan melarutkan kerak yang sangat susah dihilangkan. Terkadang kerak di luar mesin sulit dibersihkan sehingga memerlukan cairan yang benar-benar ampuh untuk membersihkannya.

Cairan ini bisa digunakan dengan cara disemprotkan pada bagian yang penuh kotoran dan kerak. Hampir sama dengan cairan sebelumnya yang harus disemprotkan ketika suhu mesin masih panas. Hal ini tentunya bertujuan untuk mempercepat proses pembersihan. Kotoran atau kerak yang begitu membandel dapat larut dengan cepat oleh cairan pembersih. Namun pastikan bahwa cairan yang digunakan untuk membersihkan mesin segera dibilas dengan air bersih.

3. Jenis Engine Flush

Selain kedua jenis cairan diatas, anda juga perlu mengetahui jenis cairan yang ketiga. Jenis cairan pembersih tersebut adalah Engine Flush. Cairan tersebut juga memiliki fungsi yang berbeda dengan kedua jenis sebelumnya.

Jenis pembersih Engine Flush memiliki tekstur seperti detergen. Jenis pembersih ini berfungsi untuk membersihkan kotoran atau kerak yang terdapat pada karter mesin. Tidak hanya pada karter mesin, tetapi juga membersihkan kotoran atau kerak pada jalur oli. Jalur oli juga perlu dibersihkan agar oli bisa mengalir dengan lancar.

Cara membersihkan bagian karter menggunakan cairan ini terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu memasukkan cairan tersebut ke dalam mesin melalui jalur oli. Pastikan anda memasukkan cairan pembersih dengan benar dan merata.

Setelah itu, anda harus menyalakan mesin kurang lebih selama 15 menit. Lalu cairan akan terbuang melalui jalur pembuangan oli. Cairan tersebut akan membawa kotoran dan daki keluar. Cairan ini memiliki kandungan pembersih yang cukup kuat sehingga dapat membersihkan karbon yang terdapat pada ring piston.

Pembersih Mesin Mobil Terbukti Ampuh Membersihkan

Beberapa jenis bahan diatas tentunya harus anda dapatkan dalam satu kemasan. Jadi satu pembersih mengandung ketiga jenis cairan seperti diatas. Sebab tidak mungkin hanya menggunakan satu kandungan saja, mengingat seluruh mesin mobil harus dibersihkan.

Bahan-bahan diatas tentunya tidak mudah untuk didapatkan. Bukan berarti tidak bisa didapatkan, namun jarang untuk bisa didapatkan. Sekarang anda sudah bisa mendapatkan satu cairan pembersih yang mengandung tiga jenis cairan seperti diatas. Cairan tersebut adalah Sabusa.

Cairan pembersih mesin mobil yang terbukti ampuh membersihkan adalah Sabusa. Cairan ini memiliki kelebihan daripada jenis pembersih yang lainnya. Sabusa mampu membersihkan kerak, jamur, bahkan kotoran yang menempel pada mesin mobil anda.

Dapat dipastikan bahwa mesin mobil anda akan bersih tanpa kerak jika dibersihkan menggunakan cairan ini. Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi mesin setelah dibersihkan menggunakan cairan ini. Cairan yang bernama Sabusa ini aman untuk digunakan.

Cairan pembersih mesin mobil ini memiliki kualitas terbaik dan mampu membersihkan setiap daki yang menempel pada mesin mobil. Anda tidak akan kecewa jika sudah menggunakan cairan ini. Cairan ini sudah terbukti aman dan praktis untuk digunakan.

Komentar

Postingan Populer