Kelebihan dan Proses Pengaplikasian Nano Ceramic Coating

Nano ceramic coating menjadi solusi terbaik untuk menjaga keindahan dan keawetan cat. Pelindung cat mobil ini bisa membuat tampilan mobil terkesan bersih dan mengkilap. Hal ini dikarenakan nano ceramic menggunakan material berbahan dasar silika. Dimana bahan nano ceramic coating ini memiliki tingkat kerapatan yang jauh lebih baik daripada pelindung cat mobil lainnya.


drivespark.com

Nano ceramic ini seringkali tak bisa dibedakan dengan wax. Padahal keduanya memiliki perbedaan jika melihat tingkatan molekulnya. Tingkatan molekul nano ceramic lebih kecil jika dibandingkan wax. Dengan alasan tersebut, nano ceramic terbukti baik dalam menghalau semua kotoran yang menempel pada mobil.

Kelebihan Nano Ceramic Coating

Pengaplikasian nano ceramic sangat menguntungkan pemilik mobil. Hal ini dikarenakan nano ceramic memiliki kelebihan tersendiri. Sebelum anda benar-benar menerapkan nano ceramic, ada baiknya anda ketahui dulu apa saja kelebihannya. Adapun kelebihan nano ceramic diantaranya yaitu:

Hydrophobic Effect

Salah satu kelebihan nano ceramic yaitu hydrophobic effect. Dimana istilah ini merujuk pada tampilan mobil yang seakan mirip dengan daun talas. Permukaan cat mobil anda nantinya mampu taha terhadap air. Saat ada air yang menetes mengenai permukaan mobil, maka air tersebut akan langsung menurun. Air tak akan terserap dan membekas pada mobil.

Tampak Baru

Mobil yang dilapisi dengan nano ceramic coating akan tampak seperti baru. Tampilan mobil terlihat basah dan glossy. Mobil anda yang mulanya kusam pun akan benar-benar mengkilap. Tak mengherankan karena nano ceramic memungkinkan permukaan mobil seakan terlindungi kaca bening.

Mencegah Terkena Goresan

Kelebihan yang dimiliki nano ceramic lainnya yaitu mencegah terkena goresan. Kemungkinan mobil tergores kerikil kecil ataupun benda tajam lainnya akan diminimalisir berkat menerapkan nano ceramic. Bahkan mobil lama anda yang sudah terkena baret halus pun akan hilang ketika mengaplikasikan nano ceramic.

Self Cleaning Effect

Nano ceramic coating juga terbukti self cleaning effect. Dimana kemampuannya tersebut, pengaplikasian nano ceramic tak akan membuat debu maupun kotoran menempel pada mobil. Saat ada kotoran yang menempel pada mobil, kotoran tersebut bisa dengan mudah dibersihkan. Anda cukup mengelapnya saja.

Proteksi dari Natural Acid

Perlu untuk anda ketahui, nano ceramic juga memungkinkan mobil bisa terlindung dari natural acid. Mulai dari kotoran burung, air hujan, air tanah, getah dan lain sebagainya. Dengan adanya proteksi terhadap natural acid, maka cat mobil tak akan berubah warna. Selain itu, mobil bisa terhindar dari water spot yang merusak penampilan.

Melindungi dari Sinar UV

Perlu untuk anda ketahui, pengaplikasian nano ceramic juga bisa melindungi mobil dari paparan sinar UV. Kelebihan yang satu ini tentu saja sangat menguntungkan anda yang menempuh perjalanan saat siang hari. Paparan panas matahari tak akan mengganggu penampilan mobil.

Seperti yang diketahui, sinar ultra violet dari matahari bisa merusak cat mobil. Tanpa adanya nano ceramic coating, maka cat mobil akan tampak kering dan mengelupas. Maka dari itu, anda sangat disarankan untuk menerapkan nano ceramic.

Proses Pengaplikasian Nano Ceramic Coating

Dengan melihat beragam kelebihan nano ceramic, anda memang akan merasa sangat beruntung apabila mengaplikasikannya pada mobil anda. Untuk melakukannya, anda bisa meminta bantuan jasa nano ceramic coating jikalau masih awam dengan pelindung cat ini.

Lain halnya untuk anda yang sudah ahli, anda bisa langsung mengaplikasikannya sendiri. Pada dasarnya, cara membuat nano ceramic coating melewati serangkaian proses dan bukan dilakukan secara sembarangan. Untuk mengetahui bagaimana prosesnya, anda bisa simak ulasan berikut.

Cuci Mobil

Proses pertama yang perlu dilakukan sebelum melapisi mobil dengan nano ceramic yaitu mencucinya. Pastikan anda mencuci mobil sampai tuntas. Jangan sampai ada debu ataupun kotoran yang masih menempel. Dengan mencuci mobil terlebih dahulu, maka hasil pengaplikasian nano ceramic nantinya pasti memuaskan.

Untuk kotoran yang tak bisa dilihat mata, anda bisa menggunakan clay bar. Biasanya kotoran memang tak terlihat mata, namun bisa dirasakan dengan sentuhan tangan. Misalnya, permukaan mobil terasa kasar. Dengan menggunakan clay bar, maka kotoran-kotoran tersebut bisa langsung terangkat saat proses mencuci mobil.

Multi-stage Paint Correction

Tahapan selanjutnya dalam mengaplikasikan nano ceramic coating yaitu multi-stage paint correction. Proses ini tak boleh dilewatkan karena bertujuan untuk menghilangkan cacat yang ada di permukaan cat mobil. Agar hasilnya optimal, anda perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan.

Adapun beberapa bahan yang harus ada dalam tahapan multi-stage paint correction yaitu polish, compound, dan lain sebagainya. Pastikan anda memilih bahan yang berkualitas agar upaya yang anda lakukan dalam mengaplikasikan nano ceramic bisa memuaskan.

Pelapisan Nano Ceramic

Setelah semua tahapan di atas anda lakukan dengan benar, anda bisa lanjut ke tahapan melapisi mobil dengan nano ceramic. Sebelum melakukannya, pastikan anda menempatkan mobil di tempat yang steril dan teduh. Jangan sampai mobil kotor lagi padahal sudah dicuci sebelumnya.

Bahkan anda sangat disarankan untuk mengaplikasikan nano ceramic di ruangan yang tertutup. Hasilnya akan semakin memanjakan mata apabila anda melakukannya dalam kondisi suhu ruangan 21 sampai 23 derajat celcius. Dalam pengaplikasian nano ceramic, anda membutuhkan waktu maksimal 3 hari. Lamanya waktu yang dibutuhkan dipengaruhi oleh kondisi cat dan ketebalan lapisannya.

Dengan menerapkan nano ceramic coating, maka tampilan mobil akan mengkilap dan tampak baru. Selain pengaplikasian nano ceramic, mobil anda juga bisa tampil mengkilap apabila menggunakan Sabusa. Cairan pembersih mobil ini bisa mengatasi kerak dan jamur yang ada semua bagian mobil.

Komentar

Postingan Populer