Pembersih Body Mobil Terkinclong Tanpa Harus ke Salon Mobil

Bagi para pengguna mobil, menjaga kebersihan mobil wajib dilakukan. Kebersihan yang terjaga akan membuat tampilan luar dan dalam akan lebih nyaman saat dilihat dan dipakai. Mobil yang terawat dan selalu bersih tentu juga akan memiliki harga jual yang tinggi. Untuk itu, diperlukan pembersih body mobil yang tepat, dapat dilakukan sendiri maupun dengan pergi ke salon mobil.

Jika dibersihkan di salon, tentu saja akan membutuhkan biaya yang lebih banyak. Karena, saat ini biaya perawatan mobil di salon cukup mahal. Namun, anda dapat melakukan pembersihan sendiri di rumah. Hal tersebut akan mengurangi pengeluaran sehingga lebih irit.

futuready.com

Pembersih Body Mobil yang Sederhana


Sebelum melakukan pencucian mobil sendiri, pastikan anda melakukannya di tempat yang teduh. Sebaiknya jangan mencuci mobil pada saat permukaan masih dalam keadaan panas. Sambil menunggu permukaan mobil dingin, termasuk bannya, sebaiknya anda menyiapkan peralatannya.

Gunakan handuk serat mikro yang mempunyai bulu tebal. Bahan tersebut dapat mengangkat noda dan kotoran, namun tidak membuat masuk ke permukaan mobil. Selain itu, siapkan sabun pembersih mobil. Sediakan juga dua ember untuk diisi air dan satunya lagi air berbusa.

Setelah kain dicelup dalam air berbusa dan membersihkan mobil, kain yang berbusa dan kotor lalu di celup dalam ember air. Sehingga, saat akan mengambil busa pembersih lagi, kain akan selalu tetap bersih.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyemprot mobil dengan air bersih ke seluruh bagian. Hal ini dilakukan agar kotoran, lemak dan jamur yang menempel di mobil dapat terangkat. Jangan lupa juga semprot pada bagian kolong-kolong dengan menggunakan tekanan air yang lebih tinggi.

Pada saat mencuci mobil, mulailah dari bagian yang atas baru bawahnya. Hindari pembersih body mobil berupa detergen cuci piring karena dapat merusak polimer lapisan cat mobil. Selain itu juga akan mempercepat proses oksidasi. Gunakan sabun yang mempunyai pH rendah dan juga pakai spon saat memberi sabun pada body mobil. Sebelum sabun mengering, bilas mobil dengan air bersih.

Langkah terakhir adalah melakukan pengeringan dengan menggunakan handuk. Apabila anda membiarkannya kering sendiri karena panas matahari atau angin, maka akan timbul bercak-bercak sabun.

Pada bagian kaca, bersihkan dengan kain serat mikro saat mencuci dan mengelap. Pada kaca bagian luar harus memantulkan cahaya dan tampak mengkilap. Untuk jendela yang berwarna, jangan menggunakan pembersih yang mengandung cuka atau amonia. Karena hal tersebut dapat merusak ataupun mengurai pewarna pabrik yang melekat pada kaca.

Pembersih Body Mobil Tergores


Goresan pada mobil tidak hanya disebabkan oleh kecelakaan saja, akan tetapi bisa juga karena debu yang muncul. Untuk itu, anda dapat menggunakan penghilang goresan mobil yang berkualitas. Pilihlah sesuai dengan kondisi goresan pada mobil.

Untuk goresan halus misalnya karena mesin pencuci mobil, anda dapat menggunakan tipe wax. Tipe ini dibagi menjadi dua jenis lagi yakni cair dan solid. Tipe cair memiliki kandungan pemoles yang mampu menghilangkan goresan yang tak terlihat dengan cara memoles goresan. Meskipun zat lilinnya sudah hilang, namun tipe ini dapat bertahan lama. Jika berlebihan saat menggunakan, maka goresan pada mobil akan semakin banyak.

Jika pada tipe solid tidak memiliki zat pemoles. Jenis ini hanya menutupi goresan saja, tidak bisa menghilangkannya. Tipe ini sangat aman karena tidak ada zat abrasifnya sehingga dapat dilakukan pemolesan ulang.

Untuk goresan yang tidak terlalu dalam bisa menggunakan tipe compound. Bentuk compound yang biasa dijual adalah cair, krim dan pasta. Tipe ini mengandung zat pemoles yang abarasif, dan biasa digunakan untuk menghilangkan goresan kecil atau memoles setelah pengecatan ulang.

Tipe yang selanjutnya adalah tipe spray. Jika goresan cukup luas dan dalam, maka dapat menggunakan tipe ini. Dalam penggunaan tipe spray perlu melakukan pengikisan lapisan silikon pada cat mobil terlebih dahulu. Kemudian memilih warna cat yang sesuai. Pengerjaan menggunakan spray sebaiknya dilakukan oleh ahlinya yang sudah berpengalaman. Jika tidak, hasilnya tidak akan maksimal.

Sementara untuk penghilang goresan untuk cat yang mengelupas, sebaiknya menggunakan tipe touch pen. Dapat pula dipakai untuk menghilangkan silikon dan karat yang menempel. Untuk hasil yang sempurna, setelah menggunakan touch pen sebaiknya gosok cat kering dengan amplas. Selanjutnya pilih warna cat mobil yang sesuai.

Pembersih Body Mobil dari Noda Lengket


Mobil yang kotor dari debu sangat mudah dibersihkan. Cukup dengan menggunakan sabun dan air bersih saja sudah mengkilat kembali. Akan tetapi, ada kalanya body mobil kotor karena noda lengket, seperti bekas tempelan stiker, permen karet atau kotoran burung yang jatuh mengenai mobil.

Anda dapat membersihkan kotoran yang lengket tersebut dengan menggunakan pisau kecil atau silet yang tajam. Kemudian kikir bahan lengket yang menempel di mobil dengan hati-hati. Gunakan benda yang tajam agar bahan lengket dapat rontok tanpa menggores cat mobil. Agar mudah dikelupas, dapat juga dengan memanaskan kotoran tersebut memakai pengering rambut dalam wakrtu beberapa menit.

Selain itu, anda dapat mencoba menggunakan bahan yang mengandung minyak untuk membersihkan noda lengket tersebut. Minyak dapat mengangkat kotoran yang menempel tanpa merusak cat mobil. Salah satu jenis minyak yang dapat digunakan adalah minyak untuk memasak. Oleskan sedikit minyak pada kain dan usapkan pada bagian lengket. Kemudian anda dapat membilasnya dengan air bersih ditambah sedikit sabun agar bau minyak hilang.

Agar nyaman saat dilihat dan dikenakan, mobil harus selalu terjaga kebersihannya. Baik itu interior maupun eksteriornya. Khusus pada eksteriornya, gunakan pembersih body mobil yang tepat agar mobil bersih dengan maksimal. Agar hasilnya lebih memuaskan, gunakan pengkilap mobil Sabusa.

Komentar

Postingan Populer