Manfaat dan Cara Mudah Cuci Tanpa Air Waterless

Cuci tanpa air atau yang juga dikenal dengan waterless bisa diterapkan untuk menghemat pemakaian air bersih. Apalagi saat ini tengah terjadi kelangkaan air bersih di sejumlah daerah. Meski tanpa menggunakan air, namun mobil tetap bersih sebagaimana yang diharapkan.

Bukan hanya bersih, mobil yang dicuci tanpa menggunakan air juga tak akan baret. Teknik cuci mobil tanpa menggunakan air ini terbilang mudah dilakukan, tak terkecuali untuk pemula sekalipun. Oleh karena itu, anda tak perlu ragu mencobanya.


samarins.com

Manfaat Cuci Tanpa Air

Perlu untuk anda ketahui, cuci mobil tanpa air memiliki segudang manfaat yang pastinya menguntungkan anda. Adapun salah satunya yaitu tak perlu mencari sumber air. Dikarenakan tak menggunakan air, anda tentu saja tak perlu repot-repot mencarinya.

Berbeda dengan cuci mobil pada umumnya yang harus menyediakan air yang melimpah. Dengan demikian, teknik cuci mobil tanpa air ini bisa menjadi salah satu cara dalam menghadapi krisis air bersih. Selain itu, meski air bersih tersedia pun, anda bisa terhindar dari biaya pemakaian air yang membengkak.

Manfaat lainnya dari penerapan teknik cuci tanpa air yaitu lebih praktis. Segi kepraktisannya bukan hanya karena tak membutuhkan air saja, akan tetapi juga menggunakan alat dan bahan yang sederhana. Dalam melakukan teknik waterless, anda tinggal menyiapkan lap microfiber.

Disamping itu, anda juga hanya perlu menyediakan cairan pembersih khusus waterless saja. Dengan alat dan bahan tersebut, semua bagian mobil bisa dibersihkan secara mudah. Semakin menguntungkan untuk dilakukan karena ketersediaan alat dan bahan tersebut sangat mudah ditemukan.

Perlu untuk anda ketahui, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan cuci tanpa air juga tak lama. Tak mengherankan karena proses cuci mobil tak seperti pencucian mobil dengan air pada umumnya. Jika cuci biasanya, mobil akan dilap terlebih dahulu untuk membersihkan kotoran yang menempel.

Setelah itu, mobil baru diberi air dan sabun pembersih khusus. Jika sudah selesai dibersihkan, mobil akan dibilas dan dilap sampai kering. Tentu saja waktu yang dibutuhkan tidaklah sebentar. Namun untuk waterless, cuci mobil hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja.

Dengan estimasi waktu yang cepat, teknik cuci mobil waterless ini sangat cocok untuk anda yang selalu bepergian dengan mobil. Kapanpun anda ingin menggunakannya, mobil selalu siap dalam kondisi yang bersih dan terawat. Anda pun bisa lebih percaya diri saat mengendarainya pastinya.

Cara Cuci Tanpa Air Dengan Sabusa

Mencuci mobil tanpa air bisa dilakukan dimana saja. Hal ini dikarenakan pencucian mobil tak membutuhkan tempat yang lapang. Bahkan anda bisa melakukan teknik waterless di area yang hanya muat untuk satu mobil sekalipun. Bagi anda yang tertarik ingin melakukan cuci mobil tanpa mobil pun, pastikan anda pahami tekniknya. Berikut ulasan lengkapnya.

Bersihkan Debu

Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk cuci tanpa air yaitu membersihkan debu. Untuk melakukannya, anda hanya perlu memanfaatkan kain lap yang bersih saja. Pastikan anda membersihkan debu secara menyeluruh di semua bagian mobil.

Agar debu hilang seketika, anda sangat disarankan untuk menggunakan kain lap microfiber. Dalam menggunakannya, anda bisa melipat lap microfiber sampai berulang kali sehingga mendapatkan bagian kecil. Dengan begitu, kain lap microfiber tersebut bisa digunakan berkali-kali.

Supaya mobil yang anda lap tak tergores, anda bisa melipat kain lap microfiber dengan memasukkan bagian pinggirannya ke tengah. Dengan cara ini, mobil hanya akan tersentuh kain lap yang lembut, bukan pinggian lap microfiber yang cenderung kurang halus.

Menyemprotkan Sabusa

Setelah mobil benar-benar terbebas dari debu, anda bisa menyemprotkan Sabusa. Cairan pembersih mobil ini menjadi kunci utama yang tak boleh anda lewatkan. Tanpa adanya Sabusa, maka teknik cuci tanpa air yang anda lakukan tak akan memberikan hasil yang optimal.

Perlu untuk anda ketahui, Sabusa adalah waterless wash terbaik yang bisa digunakan untuk membersihkan jamur dan kerak di setiap bagian mobil. Mulai dari dashboard, mesin, kaca, velg, jok mobil, dan masih banyak lainnya. Untuk menggunakannya pun, anda tak perlu mencampurkan Sabusa dengan bahan lainnya.

Dalam penggunaannya, anda bisa menyemprotkan Sabusa di area mobil yang ingin dibersihkan. Bahkan anda bisa menyemprotkannya di bagian mobil yang sulit dijangkau sekalipun. Cairan Sabusa akan membersihkan semua partikel kotoran yang menempel pada mobil secara cepat dan tuntas. Tak perlu khawatir menggunakannya karena cairan Sabusa tak akan meninggalkan bekas.

Keringkan Dengan Lap Microfiber

Setelah semua bagian mobil yang akan dibersihkan sudah disemprot Sabusa, maka anda bisa langsung mengeringkannya dengan kain lap microfiber. Seperti halnya saat ingin membersihkan debu, anda perlu melipat kain microfiber terlebih dahulu.

Dalam mengelapnya, pastikan anda melakukannya secara searah. Dengan begitu, bagian mobil tak akan tergores ataupun mengalami kerusakan lainnya. Apabila anda sudah selesai mengelap satu bagian mobil dan ingin berpindah ke bagian lainnya, maka anda perlu mengganti sisi lap.

Jangan sampai bagian mobil yang bersih terkena kain lap yang kotor karena sudah digunakan sebelumnya. Saat membersihkannya, anda bisa mengelap bagian mobil dari bagian atas ke bawah. Jangan sebaliknya karena hal tersebut akan menambah pekerjaan saja.

Setelah selesai semuanya, anda bisa ikuti dengan mengelap menggunakan kain bersih. Dengan demikian, mobil anda tak hanya bersih, akan tetapi juga mengkilap. Hasil cuci tanpa air akan semakin memuaskan apabila anda melakukannya secara teliti dan telaten. Semakin memuaskan apabila anda menggunakan pengkilap mobil Sabusa.

Komentar

Postingan Populer